Minggu, 01 Januari 2012

5 album yang gw rekomendasiin minggu ini #3

Hello all!
Sorry banget lama gw uda ga urus ni blog sial..
yah,emang dikit yang liat c,cuma ttp aja gw malah ngelanggar omongan gw sndiri deh...=="

khusus posting yang ini,gw post di hari selasa,jadi itungnya ini buat minggu lalu,nanti minggu gw post yang baru lagi,jadi totalnya minggu ini gw rekomendasiin 10 album totalnya (makan tuh album..wkwk)

ok deh..daripada kebanyakan cing-cong ga jelas lagi,mending kita mulai aja..hehe

5 album yang gw rekomendasiin minggu ini #3 (Minggu ke 3 Tahun 2012 - Part 1) :
#5 By The Way

Band : Red Hot Chili Peppers
Tahun Dirilis : 2002
Genre : Alternative Rock,Funk Rock
Anggota : Anthony Kiedis (Vokal),Michael "Flea" Balzary (Bas,Terompet),John Frusciante (Gitar,keyboard,synthesizer),Chad Smith (Drum)

Well,tadinya gw ga ada pikiran buat ngereview albumnya RHCP,secara gw ga pernah begitu dengerin dan suka RHCP tadinya,cuma karena ga sengaja gw nemu channel di youtube yang namanya deppwaswho,yang isinya video cover bass RHCP yang tergolong lumayan susah dan dimainkan dengan baik sama seorang cewe dari hongkong (iya,cewe loh),gw jadi tertarik buat nelusurin Red Hot Chili Peppers lebih dalam,gw pun mendownload 2 album dari RHCP,yaitu "Blood Sugar Sex Magik" dan....yah,album ini.

Setelah gw bandingkan,karakteristik musik yang ditawarin di "By The Way" beda sama di "Blood Sugar Sex Magik",dimana "Blood Sugar Sex Magik" lebih nawarin musik dengan sound funky,groovy dengan nuansa punk rock yang khas,sementara nuansa alternative dengan sedikit influence funk bisa lu temuin di "By The Way"

Lagu" di "By The Way" sendiri cukup asik dan beragam menurut gw,ada track funky yang asik "By The Way",sama "Can't Stop","On Mercury" yang cukup ngebeat dengan nuansa ska,"Cabron" yang nawarin nuansa latin,lengkap dengan strumming gitar akustik didalemnya,"Universally Speaking",sama "The Zephyr Song" yang easy listening,ada juga ballad "I Could Die For You" sama "Dosed" .

Ringkasnya,ni album emang rada beda sama rilisan RHCP di tahun 80an (pastinya),buat yang demen funk banget,mungkin lu pada bakal kecewa sama ni album,tapi RHCP tetep asik koq di album ini..hehe

Track yang gw rekomendasiin : "By The Way","Universally Speaking","Dosed","The Zephyr Song","Can't Stop","I Could Die For You","Cabron","On Mercury","Minor Thing"

#4 Awake


Band : Dream Theater
Tahun Dirilis : 1994
Genre : Progressive Metal
Anggota : John Petrucci (Gitar),Mike Portnoy (Drum),James LaBrie (Vokal),John Myung (Bas),Kevin Moore (Keyboard)

Gw yakin,ampir semua dari lu seenggaknya pernah denger nama ni band.Entah napa,belakangan ini gw ngerasa Dream Theater mulai terkenal + sering diomongin dimana - mana,dari lagu "Spirit Carries on" sama "Forsaken" yang easy listening itu lah,orang yang ngomongin skill mereka yang emang jago itu lah,malah waktu itu gw ga sengaja denger ada iklan yang make bagian riff "Dark Eternal Night",lagu Dream Theater di Indosiar! Ya,INDOSIAR!

Setau gw,banyakan orang anggep Dream Theater 90an itu identik dengan album "Images and Words",album yang sukses secara komersil maupun kritikal di pasaran waktu itu,ditengah - tengah tekanan dari trend musik grunge. Tapi menurut gw,puncak musikalitas Dream Theater bukan ada di "Images and Words",tapi album setelahnya,"Awake".

Sound Dream Theater terdengar lebih heavy disini,tapi tetep ga ngilangin kompleksnya Dream Theater.Meski kompleks dan heavy, komposisi lagu dialbum ini ga ngebosenin,bahkan menurut gw lumayan asik buat disimak.Coba lu denger aja track "6:00" sama "Caught in The Web",meski struktur lagunya lumayan kompleks,tapi chorus yang asik + lick - lick yang easy listening tetep ngebikin semuanya kerasa asik.Ada juga instrumental "Erotomania",yang dimulai dengan sound keyboard yang ngingetin gw ke Hammond Organnya Jon Lord dari Deep Purple.Buat yang demen ballad dari Dream Theater,kudu dengerin "The Silent Man".

Cuma dari semua itu,ada 2 yang jadi track favorit gw,yaitu "Lie" sama "The Mirror".
Lie yang nawarin riff gitar heavy layaknya musik thrash metal/groove metal,tapi tetep nampilin vokal James LaBrie yang clean dan dibacking sama keyboard,membuat suatu chemistry yang ga biasa,tapi unik dan asik buat didenger."The Mirror" juga menawarkan intro yang terbentuk dari gabungan riff gitar yang berat ditambah dengan keyboard,sehingga memberikan nuansa epic dan majestic di lagu ini.

Buat lu pada yang ngaku demen sama Progressive Metal,Progressive Rock,maupun sodara - sodaranya,kudu dengerin ni album,apalagi kalo lu demen Dream Theater..:p

Track yang gw rekomendasiin : "6:00","Caught In The Web","Erotomania","The Silent Man","The Mirror","Lie","Space Dye Vest"

#3 Leftoverture


Band : Kansas
Tahun Dirilis : 1976
Genre : Progressive Rock
Anggota : Steve Walsh (Keyboard,Piano,Organ,Vokal),Kerry Livgren (Gitar,Clavinet,Synth,Piano),Phil Ehart (Drum),Dave Hope (Bas),Robby Steinhardt (Biola,Vokal),Rich Williams (Gitar)

Ok,sekarang gw mau ngereview album yang (lagi - lagi) asing buat anak - anak jaman sekarang.
Ni band mungkin cuma dikenal karena lagu "Dust In The Wind",itu pun banyak anak - anak sekarang yang belum tau...jadi anggep aja sekarang gw lagi ngenalin band baru ke lu pada..hehe

Sesuai yang ditulis diatas,ni band bergenre progressive rock.Apakah band ini bakal mirip soundnya kyk Rush,yang pernah gw review di post dulu - dulu? ato mirip sama Dream Theater yang gw tulis diatas?

Sayangnya,tidak! Progressive rock itu luas nak!
Ga semuanya soundnya sama,emang ada karakteristik yang mirip,cuma secara keseluruhan,band ini berbeda jauh dari kedua band yang gw tulis diatas.

Seperti kebanyakan band progressive,Kansas juga banyak nampilin tempo change sama struktur lagu yang ngejelimet ,yang ngebuat progressive rock rada ribet buat didenger.
Cuma menurut gw,album Leftoverture ini lumayan easy listening dan ga "berat" amat buat didenger,coba aja lu denger "Carry on Wayward Son",lagu yang mungkin lu pada kenal dari game "Guitar Hero" ini lumayan cepet masuk dan easy listening,ato ga "What's on Your Mind" ,yang nampilin riff yang asik.Tapi paling asik dari ni album menurut gw adalah "Magnum Opus",track yang panjangnya 8 menit dan menjadi ekshibisi dari kemampuan bermain instrumen musik dari anggota band progressive ini.

Track yang gw rekomendasiin : "Carry on Wayward Son","The Wall","What's On Your Mind","Cheyenne Anthem","Magnum Opus"

#2 Dekade


Artis : Chrisye
Tahun Dirilis : 2002
Genre : Pop
Anggota : Well,ga ada info yang jelas buat anggotanya,tapi yang jelas,Chrisye di vokal (ya iya lah),arrangement oleh Erwin Gutawa,sama ada vokal tambahan di Track 1 oleh Sophia Latjuba (well itu ketulis tuh di cover albumnya...hehe)

Yeah! ini pertama kalinya gw ngereview album dari musisi dalam negeri,dan karena gw ga mau asal - asalan ngereview musisi dalam negeri yang acakadut,gw akhirnya memilih penyanyi pop legendaris yang menjadi kesukaan keluarga gw,Chrisye!

(Almarhum) Chrisye udah mencetak "nama" di dunia musik Indonesia sejak tahun 1969,dimana awalnya dia bermain sebagai pemain bas di band progressive rock (sumpeh..progressive rock loh,kalo ga percaya coba googling aja) yang namanya Gypsy,yang ngerilis album "Guruh Gypsy" di tahun 1976.Namun nama Chrisye lebih dikenal sebagai penyanyi solo dengan lagu - lagunya yang legendaris,mulai dari "Badai Pasti Berlalu","Cintaku","Semusim","Anak Jalanan","Lilin - lilin kecil",dan banyak lagi

Tapi selain lagu - lagu yang gw sebut diatas,album yangw gw review ini berisi lagu - lagu yang menurut gw asik dan bisa bersaing dengan lagu - lagu diatas,meski ada 2 cover,yaitu "Sakura Dalam Peluk" dan "Pengalaman Pertama",yang diaransemen ulang menjadi lebih apik dari aslinya (menurut gw c,jangan ngomel kalo menurut lu lebih asik aslinya...wkwkwk)

Well,track 1 nampilin Sophia Latjuba sebagai teman duet Chrisye dalam lagu "Kangen",yang lumayan ngehits awal tahun 2000an.Terus ada juga lagu "Kisah Kasih di Sekolah" yang (kalo ga salah inget) pernah jadi soundtrack sinetron juga,yang pastinya ga asing buat lu pada."Seperti Yang Kau Minta" menampilkan nuansa ballad yang lembut dan easy listening.Tapi lagi - lagi,lagu yang upbeat jadi favorit gw di ni album.Lagu yang kental dengan boogie,terompet,dan riff rock n roll itu adalah "Dara Manisku"

Nah,karena ni album adalah album pop dari musisi legendaris Indonesia,gw rekomendasiin ni album ga cuma ke penyuka pop,tapi juga ke semua orang yang baca ni review,karena selain easy listening,ni album juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia,dimana Indonesia bisa menunjukan kualitas musik pop yang baik tanpa menghilangkan sisi komersial.

Track yang gw rekomendasiin : "Kangen","Sakura Dalam Pelukan","Kisah Kasih Di Sekolah","Dara Manisku","Dibawah Sinar Bulan Purnama","Seperti Yang Kau Minta"
N.B : R.I.P Chrismansyah Rahadi (1949 - 2007)

#1 Rising

Band : Ritchie Blackmore's Rainbow
Tahun Dirilis : 1976
Genre : Heavy Metal,Hard Rock (Dengan influence Symphonic,Power Metal,sedikit Neoclassical)
Anggota : Ritchie Blackmore (Gitar),Ronnie James Dio (Vokal),Tony Carey (Keyboard),Cozy Powell (Drum),Jimmy Bain (Bas)

Akhirnya kita sampe juga ke nomor 1 minggu ini,dan lagi - lagi,karya bikinan Ritchie Blackmore gw taruh di nomor 1,sorry yah kalo rada subjektif..soalnya dia favorit gw sih..hehe

Rainbow dibentuk tahun 1975 setelah Ritchie mutusin keluar dari Deep Purple karena dia ga suka sama influence funk dan soul yang dibawa sama Glenn Hughes dan David Coverdale,bassist dan vokalis Deep Purple waktu itu,belum lagi,usulan Ritchie buat ngecoverin lagu "Black Sheep of The Family" dari Quatermass ditolak mentah - mentah sama anggota Deep Purple laennya,yang akhirnya ngebuat Blackmore milih hengkang dari Deep Purple setelah album "Stormbringer" tahun 1974.

Rainbow sendiri awalnya kebentuk dari band blues rock Elf,minus gitarisnya (di"tendang" sama Blackmore..wkwk),yaitu vokalis rock legendaris Ronnie James Dio,bassist Craig Gruber,drumer Gary Driscoll,sama pianis Micky Lee Soule,lineup ini cuma sempet nelorin 1 album,dan setelah itu,Blackmore "nendang" semua personilnya kecuali Ronnie James Dio (bisa dibilang Ritchie Blackmore itu ngebajak Elf,terus ditendang semua cuma buat rekaman 1 album + ngambil Dio dari Elf..wkwk)

Setelah "nendang" personil - personil Elf tersebut,keyboardist Tony Carey,drummer rock Cozy Powell,dan bassist Jimmy Bain direkrut buat ngerampungin album kedua Rainbow.Album ini dibikin waktu Blackmore lagi demen - demennya dalemin alat musik Cello,sehingga banyak nuansa symphonic dan classic yang bisa lu denger disini.Dan diluar dugaan,nuansa klasik yang diinjeksi sama riff gitarnya Blackmore digabung sama vokalnya Dio,ditambah sama keyboardnya Tony Carey,ngebuat Rainbow jadi salah satu band heavy metal yang influental,terutama buat para praktisi neoclassical di tahun - tahun setelahnya ,macem Yngwie Malmsteen,Randy Rhoads,Jason Becker,Uli Jon Roth,dll.

Album ini dibuka sama solo organ yang futuristik oleh Tony Carey,berlanjut ke riff berat yang nunjukin mulainya lagu "Tarot Woman",lagu yang lumayan asik buat didenger.Track no 3,"Starstruck",menampilkan kebolehan Blackmore dalam ngebuat riff yang bernuansa classical dan permaenan solonya yang asik.Tapi yang jadi highlights di album ini adalah 2 track terakhir,yaitu "Stargazer" yang nampilin orkestra,struktur yang kompleks + range vokal Dio yang fantastis,dan "Light in The Black",yang nampilin solo trade-offs antara Ritchie Blackmore dan Tony Carey,yang banyak membawa pengaruh besar ke band - band rock dan power metal setelahnya seperti Yngwie Malmsteen,Stratovarius,dan Symphony X

Bisa dibilang,ini album Rainbow yang jadi favorit gw,yang saking demennya,gw bela"in beli ni album bareng temen gw.Emang,cuma ada 6 lagu didalem sini,cuma kalo lu demen rock tahun 1970an dan musik yang nunjukin skill instrumental personilnya,lu ga bakal nyesel beli album ini!

Track yang gw rekomendasiin : "Tarot Woman","Run With The Wolf","Starstruck","Stargazer","Light In The Black"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar