Rabu, 30 November 2011

Gitaris favorit?

Halo lagi..hehe
ini postingan ke 2 gw ni hari,karena gw lagi bener - bener ga ada kerjaan,dan ga tau lagi harus ngapain..

Ok,gw mau sedikit sharing masalah gitar nih..
Gw sering ngedenger temen - temen gw sesama gitaris sharing tentang gitaris favorit mereka,bahkan ada satu senior gw yang bahkan gaya permaenannya menurut gw mirip banget sama gitaris favoritnya,Saul Hudson,ato yang biasa lu pada lebih kenal dengan Slash,saking hebatnya senior gw itu,dia tau beberapa solo Guns N Roses yang ga gitu terkenal,dan bisa dia maenin not per not! (ada yang ngerasa gw singgung ga yah? :p)

Bahkan menurut klaim orangnya dan beberapa temen - temen gw,dia punya tophat yang biasa kyk dipake Slash!
Benda ini loh :
Pasti ampir lu semua kenal sama benda itu dong? hehehe...
Ya,itu topi yang biasa dipake sama Slash...
Jujur aja,gw lumayan kaget waktu denger,dan gw pikir dia cuma becanda awalnya..
tapi ternyata bener,gw liat PP sang "terdakwa" di fb,dan ternyata emang sang "terdakwa" punya topi itu! (peace bang! hehe ^^v)

Awalnya,gw sempet ngerasa,itu salah satu cara mengidolakan yang cukup gila dan berlebihan,bahkan menurut gw sangat unnecessary buat mengidolakan seseorang segitunya.
Tapi,akhirnya gw ngaca ke diri gw sendiri..dan gw menemukan hal yang sama terjadi sama gw sendiri...bodohnya..--"
Gw menemukan,bahwa gw sendiri super fanatik ke satu gitaris.Saking fanatiknya,gw punya album - album dimana dia jadi gitarisnya (ya,gw sampe bela - belain beli album dimana ada dia maen gitar),masang gambar dia sebagai wallpaper laptop gw,sering ikutin gaya permaenan dan improvisasi dia (padahal biasanya gw paling males ngulik lagu..hehe),dan bahkan ada beberapa gaya fashion dia yang secara ga sadar mau gw tiru ato bahkan ada beberapa yang secara ga sengaja ketiru sama gw.

Gw menemukan bahwa gw sendiri sangat mengidolakan seorang gitaris yang namanya lumayan terkenal dikalangan temen - temen sesama gitaris itu.Gw belom begitu lama nge-explore gaya permaenan gitaris itu (kira - kira baru setahun yang lalu kali..hehe),dan gw tau gitaris itu pun dari bokap gw,dan kebetulan gitaris itu juga jadi influence utama gitaris favorit ke 2 gw (yang waktu itu jadi gitaris favorit no 1 gw..wkwk).Permaenan gitaris favorit gw yang sekarang itu emang ga segila permaenan gitaris favorit no 2 gw,cuma ada satu hal yang bikin gw nganggep si gitaris itu LEBIH dari gitaris - gitaris laennya yang pernah gw liat.Apakah itu?
Apakah maen cepet? Bukan,banyak gitaris yang lebih cepet dari tuh orang
Apakah gaya maen yang akrobatik? Bukan,itu sama sekali ga ngaruh..wakakakak
Apakah itu permaenan teknikal? Bukan,ni gitaris emang maennya lumayan bersih,tapi bukan itu..
Terus apa?

Yang bikin tu gitaris keliatan keren dan berbeda buat gw adalah "aura" dan "pembawaan" dia dipanggung,dimana dia nunjukin jati diri dia,dan meski ga banyak gerak,dia keliatan keren meski kadang bisa maen rada ngasal di panggung..hehe

Ironisnya,alasan gw ini sama aja kyk alasan senior gw yang gw sebut diatas mengenai kenapa dia demen banget liat gayanya Slash.Senior gw yang satu itu juga bilang "Slash keren karena pembawaannya,kalo maennya mah kadang dia sering salah".

Dan sekarang,siapa sih gitaris itu?

Pernah denger nama band "Rainbow"? Itu nama band dimana dia mimpin dan jadi proyek solonya...
Mungkin ada beberapa dari lu yang bakal bilang gini :
"Rainbow? bukannya itu girlband korea?"
dan kebayang gambar ini diotak lu pada :
Iya,ini dia band kesukaan gw,dan gitaris favorit gw juga disini!
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
NO! NO! bukan Rainbow yang itu! xD
Gw akuin Rainbow yang itu "adem" buat diliat..hehe
Tapi ga ada gitaris di girl band itu! dan kalo gw bilang gitaris favorit gw ada dari antara band yang ga ada gitarisnya,berarti gw lebih tolol daripada kuda..wkwkwk

Ini Rainbow yang gw maksud :
Err..okok,mungkin ini kesan - kesan pertama lu pada waktu liat gambar ini :
"What the f**k? Ini cover cd film kartun kesukaan lu?"
atau
"Pelangi ngebentang dibelakang? Pelangi bukannya simbol kaum homo?"
....
Ok,gw ngerti,kurang lebih respon gw juga begitu waktu pertama kali liat cover album ini,cover itu terkesan super freak,aneh,ga jelas,dan mungkin...homo..haha

Tapi coba lihat baik - baik nama diatas tulisan "R-A-I-N-B-O-W"..lu bakal nemuin nama gitaris yang gw maksud...dan inilah orangnya :


Ya,Ritchie Blackmore,gitaris jenius yang pernah maen di Deep Purple,nyiptain riff terkenal + super bosenin di "Smoke on The Water",solo yang panjang + klimaks yang mantep banget di "Child in Time",solo gitar yang asik di "Highway Star",dan solo dengan arpeggio + progresi yang terdenger klasikal di lagu "Burn".

Tapi kenapa gw malah sorot dia dengan band solonya yang gitu terkenal,bukannya dengan Deep Purple?

Soalnya,meski dia sangat keren waktu di Deep Purple,lu bisa nemuin gaya permaenan dia yang jauh lebih unik dan beragam di band solo dia,Rainbow.Dan sejak dengerin album - album Rainbow,gw jadi ngefans banget sama ni orang.

Emang,kalo lu cuma liat dia maen sekilas,lu pada bakal berpikiran "Ini orang sama aja kayak gitaris - gitaris seangkatan dia macem Jimmy Page,Gilmour,ato Toni Iommi,maen pentatonic + riff - riff bluesy doang,nothing special".Cuma sebenernya,banyak pengaruh klasikal dan nada - nada harmonic minor yang dia bawa ke musik hard rock,dan dia lebih dulu dari orang - orang macem Yngwie Malmsteen,Randy Rhoads,Eddie Van Halen,ato Uli Jon Roth,yang disebut sama orang - orang sebagai pionir - pionir shred dan neo-classical rock.Bisa dibilang kalo mereka itu bapaknya shred,berarti Ritchie Blackmore kakeknya shred...hehehe

Pastinya,gw rekomen lu pada juga buat dengerin album debutnya Rainbow, "Ritchie Blackmore's Rainbow" (ya,album dengan cover istana kartun + latar belakang pelangi yang terkesan homo + norak itu".Well,don't judge book by it's cover..:)

Dan mungkin ada yang bertanya "emang siapa gitaris favorit kedua lu?"
Namanya juga uda gw tulis diatas koq,dan meski banyak orang yang ga sadar,orang itu banyak "nyolong" gaya dan bahkan fashionnya Blackmore..dan mungkin,gw bakal sharing tentang dia juga disaat gw ga ada kerjaan kyk gini lagi...:p

Ok,gw udahin aja posting ga jelas,dengan sharing yang cukup ga jelas juga...haha

1 komentar:

  1. bro tolong tanyain ke dia donk beli topi slash dimana ?
    gue jg mau beli..thx

    BalasHapus